Wednesday 21 March 2012

mozaik 12 " kakak"

L. kakakku

Dari sebuah smp yang sangat bau, aku melompat jauh keluar menuju altar pemujaan yang abadi,tertua,terhebat,dan tahukah kau kawan aku yang hasil didikan dai dunia masa kini, aku tetap tak bisa melebihi kakakku. Aku lah si bodoh yang hanya mampu berhayal mendapatkan gaji 2M tiap pekan,aku hanyal pecundang yang bersembunyi dalam tiap kata – kata lalu apa yang dapat aku banggakan dari hidupku ini…??? Rasa – rasanya itu adalah hal sangat sulit aku jawab saat aku kembali menuliskan cerita usangku ini. Aku adalah anak bodoh yang hanya bisa jadi bahan olok –olokan dari kakaku. Aku adalah anak jalan yang hanya mampu bersembunyi di balik bola usang, aku adalah anak pemimpi yanh bersembunyi di balik selimutku, sungguh kawan jika kau tahu sebenarnya aku sangat benci pada diriku sendiri yang selalu kalah dengan kakakku.
Maka jika kau tahu siapa kakakku?? Maka aku kan jawab dialah orang yang selalu ada dalam tiap peristiwa, dial ah yang selalu ada di balik sebuah peristiwa, dialah yang selalu mendapat kasih sayang dari ayah,dialah manusia tenggik yang selalu bisa membuatku marah, dialah alasan kenapa aku masih bertahan ntuk selamanya, dan dialah yang telah membuatku berjanji tak akan pernah aku benci hidupku lagi, dialah alasan semua dari hidupku,
Mari aku ceritakan, kakakku dan aku terpaut tujuh tahun aku masih inggat bagaimana dia selalu memanjakanku dari dulu hingga sekarang dial ah kakak terbaik di dunia. Aku tahu betul bagaimana aku selalu di gendongnya kemana pun aku mau. Sejak kecil kakakku selalu berkorban segalanya untukku, dia selalu mengalah untuk aku, tapi dua hal yang tak pernah buat kakakku mengalah untuk aku, dua hal sajalah di dunia ini dan dua hal itu pula yang tak pernah dapat aku rebut dari kakaku. Yang pertama sayang ayah, dan yang kedua adalah prestasi. Sayang ayah memangku seperti yang kurasakan hanya untuk kakakku, walau ayah tak pernah membentakku, ataupun memulukku seperti yang dilakukan kepada kakakku, namun aku merasa beliau hanya sayang kepada kakakku. Kemanapun dimanapun,ayah hany memikirkan kakak, dan tak pernah untuk aku, walau aku sudah setengah mati mencari perhatian ayah, dari berkelahi, sampai juara kelas, tapi ayah tak pernah melihatku seperti melihat kakak. Tapi walau bagaimanapun aku sangat mencintai ayahku. Dan kakakku sangat beruntung mendapatkan sayang dari ayah, karena dia adalah juara sejati dalam hidup ayah.
Kakakku novel sejak kecil sebenarnya tidak lah manusi yang pandai di kelas, sebagai buktinya, kakakku menyelesaikan sekolah dasar selama tujuh tahun,dan dia tak pernah keluar dari sepuluh besar raking kelas dari belakang bahkan terlalu sering kakakku menjadi penghuni lima besar di kelas dari belakang. Namun itu buakn hal keahlian nya, semenja lulus SMP kakakku baru menunjukan siapa dia yang sebenarnya.
Ya sejak kelas tiga SMP, kakaku melompat jauh ke luar dari pikiranya, melolong panjang dan akhirnya menemukan siapa dia yang sebenarnya. Rangking yang selalu di kisaran lima terbawah disulapnya menjadi dua teratas bukan sekelas lagi tapi satu sekolah. Bukan semudah membalik telapak tangan tapi itu adalah sebuah kenyataan yang terjadi padanya. Siapa un pasti takkan pernah percaya dengan apa yang di alami kakakku, tapi kau harus percaya akan semua kisah anak kecil itu yang kini sudah tumbuh menjadi manusia besar dan akan terus tumbuh menjadi manusia yang sesungguhnya, kisah dari anak yang selalu menadapat rapor merah menjadi penguasa sandi Negara. Dan aku yakin pada satu kata yang sebenarnya sulit untuk di percayai tapi itu juga sulit tuk tak di harapkan, ya manusi pasti berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, dan dialah manusia sukses itu. aku tahu betul bagaimana kakakku menjalani hidup ini, danganku dan aku bersumpah untuk tidak membantah kata kata dari kakakku. Aku inggat betul bagaimana cara kakakku merubah predikat paling bawah menjadi paling atas. Sederhana tapi sulit untuk di lakukan, sederhana tapi sulit untuk untuk di pahami. Yah itu lah yang di lakukan “kerja keras” memang benar jika sulit melakukkan itu. dan aku pun sampai saat ini juga sulit untuk mendapatkan cara kakakku itu, dia bangu sebelum subuh untuk shalat tahajut, dia membaca sebelum ia tidur, dia selalu tidur siang hari tak pernah yang namanya keluargaku untuk keluar malam. Itu hukum haram waktu itu, tapi sekarang aku keluar selalu lewat waktunya hingga aku sering tak sadar jika aku terlampau lama dengan mu.
Dan mungkin itu sebabnya ayah selalu menyayanginya lebih dari yang kau dapatkan hingga akhir hayat ayah ku yang di pikiranya hanyalah kakakku dan apa kau tahu kawan yang membuat aku menangisi semua itu, ayahku mangkat juga memilih dikamar kakakku, bukan yang lain, bahkan dalam mimpipun ayah terlampau sering untuk menemui kakakku, kenapa aku bisa tahu dengan itu?? semua nya aku tahu kawan semuanya. Dan apa ayah tahu bahwa tiap minggu aku selalu bawakan mawar kesukaanku kepadanya, dan tahukan ayah jika tiap kata pertama yang aku sebut untuk apapun adalah ayah,akankah dia tahu,akan kah dia mengerti akakah dia melihat, aku juga tak tahu kawan kenapa ayah lebih mencintai kakakku, tapi itu semua sekali lagi tak akan pernah membuat ku urungkan kan rasa senangku kepada ayah.
Saat aku menulis ini kakakku sedang berada di Makassar. Sebenarnya apakah kalian tahu pekerjaan kakakku,?? Dia adalah ahli sandi komunikasi di tentara nasional Indonesia, yah memang kakakku yang mampu menunjukan bahwa ia bukan pecundang yang selama ini selalu mengganggap sebelah mata kepadanya, semenjak lulus SMP kakak melanjutkan di Nautika laut. Dari situ kakakku menjelma menjadi sosok yang selalu aku dambakan ia selalu mewakili sekolah untuk event nasioal,di selalu menjadi siswa pilihan yang mendapat kesempatan untuk mendapat pengajaran dari seluruh Indonesia. Dia lah yang mendapatkan pendidikan langsung dari akademi maritime yogya , dialah yang selalu meraih beasiswa,kini dialah yang berhasil untuk menjadi nomor satu se Indonesia. Diala lulusan terbaik pendidikan militer se Indonesia kini walau di militer tapi kakakku bekerja dengan otak bukan otot. Dan kini coba lihat kepadaku?? Apa yang dapat aku banggakan, aku adalah jawara bolos, aku adalah jawara untuk datang terlambat, aku adalah jawara untuk berkelahi, aku ada;ah jawara untuk membuat keributan, jangankan tingkat nasional bahkan untuk kabupaten pun aku masih jauh dari harapan karena hanya mampu di limauluh besar dari tiga ribu siswa, jangankan pandidikan dari AMY, untuk bisa sandi alphabet pun sampai sekarang aku tak hafal. Dan dari dunia inilah mungkin aku bisa kalahkan kakakku, dunia SASTRA.
Maka sesungguhnya kakakku lah orang yang paling aku benci sekaligus aku paling sayangi,juga akku kagumi. Dia lah yang membuatku jadi orang paruh waktu yang hanya bisa bermimpi untuk bisa mengalahkanya, karena dialah yang aku inginkan ada padanya. Dan betapa aku benci dia karena dialah yang selalu di eluh – eluhkan oelh siapapun juga karena prestasi dan dikenal oleh siapapun juga. Sedang aku ?? mereka hanya tahu bahwa aku hanya lah adiknya tidak lebih.
Seperti anjing dan kucing jika kami berada di rumah. Binggungkah kalian kawan, aku yakin jika kalian sangat binggung kenapa kami menjadi seperti anjings dan kucing itu tak lebih karena seperti itulah kehidupan ku dengan nya. Jika kami berpisah maka kami seperti kehilangan separuh nyawa kami, sedang jika kami berada dalam satu rumah maka rumah itu akan terjadi kekacauan yang sangat amat, teramat sangat. Seperti itu hidup ku dengan kak novel, dodot, katak, pepen, kakak jelek, kakak I love you forever, I promiss that I’ll be the winner. Adek, iit, mono, alpha, ucil,alip
Alip iskandar & novendi dalwanto

No comments:

Post a Comment