Wednesday 2 January 2013

TANDA TANYA (?) satu nama dua cerita part2



TANDA TANYA (?)
Satu nama dua cerita part 2

Dalam revalitas Einstein, siapa yang mengira bila sesungguhnya kata – kata murahan dari ilmuan gila itu yang akhirnya merubah paradigma kehidupan seantero jagad. Tahukah kau kawan apa arti dari kata – kata abadinya, jika sesuatu yang dapat dihitung belum tentu dapat di perhitungkan, dan sesuatu yang dapat di perhitungkan belum tentu dapat dihitung. Tahukah kau arti itu semua? Sederhana kawan orang gila itu hanya mengajarkan bahwa tidak ada yang pasti di dunia ini, selain kata illahi.

Aku keluar dari rumah sakit dan mendapati batu nisan itu teruliskan namamu. Apa yang ada dalam benakku saat itu? dewi, kenapa kau tidak pernah memberi aku kesematan untuk bicara, jika wanita terkasih itu adalah dirimu. Yang menjadi inspirasi terbesar dalam setiap karyaku, yang menjadi motor penggerak dalam tiap degup jantungku. Dewi engkaulah wanita terkasih yang tiap pukul 3 pagi selalu membangunkanku dari tidurku, meminta umur yang lebih panjang untuk melihat senyummu. Dan kini aku ahany melihat dalam tulisan di atas batu ini. Dewi putri.


20 maret 2018

            Dewi susanti mengajakku menikah. Namun tidakkah orang lain tahu, aku mengutarakan rasaku dengan lara yang tak tahu bagaimana aku menyikapinya. Bagaimana mungkin aku menikah dengan orang yang tidak aku sayangi. Namun kenapa aku mencegahnya bertunangan pada waktu itu? 

            Adit, teman kerja Dewi susanti aku tahu betul dirinya, dan aku tahu betul bagaimana dewi sangat mencintaiku. Adit ya si bajingan yang berhati tengik itu, si bangsat yang telah menipu puluhan perusahan relasi PT. Telkom. Bagaimana mungkin aku tahu tentang hal itu? yah kawan sekalipun aku telah bicara menjadi seorang guru, namun tahukah dewi jika aku tidak bisa lepas dari persahaan tempat dimana dewi bekerja, yang notabennya adalah anak perusahaan dari tempat diman aku tak bisa lepaskanya. 

            Adit ya tiap aku mendengar nama itu aku muak kepadanya. Sekalipun aku blacklist namun tetap saja mulut licinya itu selalu menghantui tiap kerjaanku di Telkom. Pelaku investasi bodong yang kini menjadi buronan polisi.  Jika kalian pernah mendengar tentang transaksi investasi mengiurkan di bidang komusikasi dan internet yang menawarkan imbalan 10% di tiap bulannya, yang otomatis menarik puluhan investor, terlebih perusahaan fiktif itu menawarkan kepada investor resiko kerugian menjadi tangung jawab perusahaan. Setelah itu investor tetap mampu mencairakan fee secara rutin dalam waktu tertentu, namun hanya segelintir investor sajalah yang beruntung menjadi umpan bajingan Adit itu untuk menarik investor lain untuk mengucurkan milyaran rupiahnya. Namun kini, perusahaan itu telah tutup, tak sampai disitu si bangsat itu melanjutkan aksinya investasi bodong itu di solo, begitu pula seterusnya hingga kini ia menjadi buronan polisi.
            Aku tahu sejauh ini karena Adit adalah bagian dari Telkom, yang aku tahu betul sepak terjangnya sampai selihai ini. “MORAL HAZARD”, itu nama bagi pelaku ekomon yang tak peduli dengan aturan legal, norma, atapun etika. Perilaku yang mementingkan keuntungkan pribadi, yang tak peduli atas berlangsungnya sebuah sistem. Perilaku yang tak tahu rambu rambu hukum perusahaan, investasi. Ia selalu sukses unutk mempengaruhi harga saham perusahaan, denagn persekongkolanya yang selalu merugikan perusahaan, model stoky corner inilah yang membuatnya di keluarkan dari Telkom.

            Lalu bagaimana perasaanku saat bajingan ini mencoba menikahi teman baikku. Aku saat itu tidak peduli lagi apa yang akan terjadi, karena yang aku tahu saat itu adalah aku bisa menyelamatkan Dewi susanti jika aku menyatakan cinta padanya, yang kini menjadi penyesalanku selamanya. Aku harus kehilangan dewi putri.
            Saat dewi mengajaku untuk menikah, aku tak tahu harus bagaimana, aku tak mau menikah dengan orang yang tidak aku cintai, pada saat yang sama orang yang aku cintai ia telah menghilang, bersama jantungku ini. Dan aku tak mau hidup dalam status palsu ini, kebohongan yang selama aku jalani atas hidup dewi susanti. Aku sangat bingung bagaimana cara mengakhiri ini semua. Dewi susanti sangat baik kepadaku, dan akupun tak ingin menyakiti persaaan orang baik ini. Sekalipun ia sangat possessive, egoist, dan apapun itulah.
Kring….kring,,,, new massage
From : dewi susanti (+6285642334217)
mas, aku liat orang nikah pakai adat jawa, bagus banget.?

To : dewi susanti (+6285642334217)
Y,
25 maret 2018
            Aku mendapat telpon dari runah sakit tempat aku melakukan operasi pencangkokan jantung,
Kringgg….kring…
0274396544 calling
:hallo selamat pagi, bisa bicara dengan saudara alpha
:ya saya sendiri, ada yang bisa saya bantu,
:saya, doktor Edy riyanto yang 3 bulan lalu melakukan operasi pencangkokan jantung bapak,
: oh pak edy, ada bapak, alhamdullilah jantung saya sudah sehat.
: syukurlah pak, begini, bisa pak alpha ke rumah sakit tanggal 28, kami hendak melakukan pengecekan 3 bulan pertama, maaf sebelumnya karena kami lupa memberi tahu tentang ini beberapa waktu lalu,
: baik pak….

28 maret 2018
            Aku ijin dari aktifitasku mengajar, juga di perusahaan Telkom. Aku datang kerumahsakit sendirian, aku menyembunyikan ini dari dewi susanti, karena aku tak ingin di ganggu dan aku tahu jika ia kini baru bekerja dengan teman akrabnya, Putrih.
            Selama 2 jam aku melakukan pemeriksaan, dan hasilnya sangat menuaskan. Aku dinyatakan sembuh, dan sukses dalam pencangkokan jantung ini.
:sungguh pak Alpha ini manusia yang beruntung dan di sayangi tuhan, pada saat kritis kami mendapat donor jantung dari manusia berhati malaikat itu.
: iya pak, dewi adalah orang yang baik, ia tetap hidup di hatiku, meski aku harus kehilanganya selamanya.
:iya… ia memang wanita yang mencintai bapak alpha luar biasa, Ia menunggu bapak tiap hari, namun sayang ia belum tahu kabar bahagia ini, mungkin ia kembali sekarang?
: maksud bapak?
: iya katanya ia pergi 3 bulan ke Canada, urusan kantornya sekarang tepat 3bulan,
:tunggu dulu pak, jadi dewi yang menungguku dewi putri ? ia belum mati? Jadi yang mendonorkan itu bukan dewi putrid?
:dewi putri, tidak menghubungi bapak kah? Yang mendonorkan jantung adalah seorang ibu –ibu, bernama Titik Prastawati.
:tikik prastawati?! Bu titik guru SMAku,,,

            (“Saat alpha berdoa ingatlah jika tuhan pasti mendengar doa alpha, karena tuhan tidak pernah tidur, saat itu ibu juga berdoa untuk alpha”) itulah kata – kata dari ibu titik yang selalu ku ingat.
            Saat itu, air mataku deras mengalir. Bu titik yang rela mati untuk anak murid kesayanganya, serta fakta yang terungkap bahwa dewi putrid belumlah mati. Lalu kenapa dewi susanti membohongiku sejauh ini? Kenapa? Kenapa dewi? Aku mencoba menghubungi dewi putri, karena mungkin ia telah berada di tanah air.
:hallo ,,alpha…???
            Saat itu langsung aku putus, aku tak kuat berkata kata lebih jauh. Aku langsung menuju ke serambi masjid kota, karena disana aku sering menghabiskan waktu bersama dia, menghabiskan waktu, membunuh kebodohan.
            Aku duduk merenung apa yang baru saja ku alami. Tiba tiba suara lembut itu menyapa,
            :al… alpha.. kamu sembuh???
            :dew… dewi putri… kamu? Dewi putri….
            : maaf al, aku tidak menghubungimu, aku takut kamu masih sekarat. Kamu bagaimana dengan dewi susanti?
            : kenapa dew, kenapa ? harus dewi susanti yang membohongiku, setelah apa yang aku lakukan, mengorbankan wanta yang sangat aku cintai untuk menyelamkan hidupnya, kenapa kini dia membohongiku? Dewi putrid aku sudah tidak kuat lagi menahan kebohongan ini, aku sungguh tersiksa harus berpura – pura mencintainya. Aku hanya mencintaimu,
            :al? kamu?
            : maaf dew, aku akan cerikan semuanya,
            : oh.. ya al, ini surat dari bu titik yang di titipkan kepada


Dear alpha…
  Alpha, ibu sungguh belum pernah mendapati murid seperti alpha. Ibu sudah anggap alpha sebagai anak ibu. Saat ibu mendengar alpha tengah sakit, ibu sangat prihatin. Selama ibu mengajar hanya alphalah yang bisa membuat ibu jengkel sekaligus senang, bahagia. Ibu pikir setelah ibu pension mengajar hanya ini yang dapat ibu lakukan untuk alpha. Anak – anak ibu iklhas menerima ini, ini mungkin yang terbaik untuk ibu. Menyusul suami ibu dengan cara yang ibu inginkan
Ibu sangat menyayangi alpha.
Awas jangan nakal lagi ya.
Titik prastawati

            Saat itu aku hancur, sekaligus bahagia. Aku ceritakan semua yang aku alami selama 3 bulan ini. Dan dewi menyadari keadaan yang aku alami. Semuanya termasuk aku dengan dewi susanti. Aku putuskan untuk mengakhiri hubunganku dengan dewi susanti dan menikah dengan dewi putri.  Untuk adit, aku mendapat berita jika ia akhirnya tertangkap di kebumen. Dewi susanti menerima keputasanku. Sekarang aku tak tahu ia dimana, yang jelas aku hanya ingin bersanding dengan orang yang aku cintai sepenuh hati, dengan wanita terkasih yang membangunkanku untuk shalat berjamaah. Terima kasih dewi putri engkaulah wanita terkasih yang aku miliki.







dewiku
Kau wanita terkasih, mengikuti sekawanan kunang, kau memberi pembeda dalam malam
Jeritanmu mentari kan datang menyerupai mimpi indah hari ini
Lalu Apa ini yang sering disebut oleh orang dibiru kantil kelabu
Kau Wanita terkasih anguk-anguk dalam harum rantai melati
Lalu Duyunan kepala tunduk dalam tidur yang abadi
Engkaulah dewi dari api lautan kata-kataku…….
Dalam kuning senja aku menatap wajahmu, engkaulah bagian suci dari titik titik retak jantungku,
Dalam gemiricik air dalam suci itu, engkau hadirkan dzikir gaib yang aku rindu dalam tengah malam
Membahasa namamu dalam lautan keabadian,  merindu aku dalam kesucian nafas keguguran dalam periode cinta yang hanyut oleh kekuasaan

Dewi engkaulah api dari lautan kata-kataku, mengharumkan tanah, membirukan langit,
Dewi engkaulah jiwa dari tiap bait syairku, engkaulah suara dalam tiap nafasku

Penutup dari puisi rinduku.



Yogya, januari 2013

2 comments:

  1. wis teko ho'o wae ndak gering, salam ya untuk Dewi mu, sak truk yo rapopo, po sak gunung merapi sing bar jugruk lahare re keno banjir banyuuuu.

    ReplyDelete